Membuat model

Model yang satu ini termasuk sangat populer di Indonesia, Apalagi dikota asalnya Palembang. Model yang satu ini memiliki banyak penggemar dan slalu dipuji puji oleh sebagian orang. Bukan karena cantik atau ganteng, Tetapi model asal palembang ini memiliki rasa yang sangat lezat. Model adalah salah satu makanan khas palembang yang cukup populer. Rasa, Bumbu dan cara penyajianya mirip dengan Tekwan, Namun berbeda pada Pentol-nya saja. Berikut ini kami hadirkan resep cara membuat Model yang lezat :


Bahan:
1/2 adonan dasar pempek
1 buah tahu cina, bagi 8 bagian, Digoreng
Minyak untuk menggoreng
2 liter kaldu udang/air
5 cm jahe, memarkan
1 tangkai seledri
200 gram udang kupas, haluskan
1 sdt kaldu ayam instan

Pelengkap:
Mentimun, potong kecil-kecil
So'un, seduh dengan air hangat
Bawang goreng
Irisan daun seledri
Haluskan:
5 siung bawang putih
2 sdt tong cai
1 sdm ebi
1/2 sdt merica butir
2 sdt garam

Cara Membuat:
Pentol model : Bagi adonan dasar pempek sebanyak 8 bagian. Ambil 1 bagian adonan pempek, masukkan tahu goreng ke dalamnya.
Bulatkan, lalu goreng dalam minyak panas sampai kuning. Angkat dan sisihkan.

Didihkan kaldu udang bersama jahe dan seledri. Masukkan bumbu yang dihaluskan dan udang yang dihaluskan. Tambahkan kaldu ayam, masak sambil diadu-aduk. Masukkan pentol model. Masak sampai terapung lalu angkat.
Belah-belah pentol dan so'un ke dalam mangkuk. Beri mentimun, lalu siram dengan cuko. Taburi dengan bawang goreng dan irisan daun seledri.
Dikota Palembang umumnya model disajikan dengan kuah tekwan sebagai pengganti cuko, dan di sajikan dengan sambal cabai rawit / Sambal bakso

Porsi : Untuk 4 orang

Tags: , , ,

Terimakasih Telah berkunjung

Untuk mengetahui info menarik dari sponsor silahkan klik gambar sponsor yang telah disediakan.