Jenis-jenis Manajer, berdasarkan :
1. Perlcedaan vertikal atau hirarki
a. Top Manager
Seorang
manajer yang berada pada puncak hirarki dan bertanggung jawab atas keseluruhan
organisasi. Contoh : Dirut, Presiden DireKur, CEO.
Manajer
yang bekerja pada tingkat menengah organisasi dan bertanggung jawab atas unit
usaha dan departemen utama,.
Contoh : Direktur Produksi, Pemasaaran, Kepala Divisi.
Project Manager
Manajer
yang bertanggung jawab untuk pekerjaan sementan yang melibatkan partisipasi
orang yang datang dari berbagai fungsi yang dan tingkatan organisasi
c. First Line Manager atau Lower Manager
Seorang
manajer yang secara langsung bertanggung jawab atas produksi barang
dan jasa. Contoh : Supervisor
2. Perbedaan Horizontal (luas
ruang lingkup tugas)
a. General Manager
Manajer
yang bertanggung jawab terhadap beberapa departemen yang menjalankan fungsi
yang berbeda atau manajer yang bertanggung jawab untuk divisi yang berdiri
sendiri (mandiri).
b. Functional Manager
Manajer
yang bertanggung jawab atas departemen yang menjalankan tugas fungsional
tunggal serta memiliki karyawan dengan pelatihan dan keahlian yang serupa.
Contoh : Direktur Produksi, Pemasaaran, Kepala Divisi.
TINGKATAN MANAJEMEN
→ TOP MANAJER
- Menyusun strategi
- Membuat kebijakan
- Menganalisa kejadian / peristiwa
→MIDLLE
MANAJER
- Berinteraksi / bekerja sama
- Menjadi penghubung a.n Top
dan Lower
→LOWER MANAJER
- Pekerja
secera fisik / dilapangan
-
Menggunakan peralatan / mesin
Keahlian atau
Keterampilan Manajer
Adapun keahlian atau keterampilan yang terdapat pada
manajer sesuai dengan tingkatan – tingkatan yang telah dijelaskan diatas.
Antara lain sebagai berikut:
1. Keterampilan Konseptual (Conceptual Skill )
Keterampilan Konseptual adalah
kemampuan berfikir dan konseptualisasi tentang situasi yang abstrak dan rumit
atau kemampuan kognitif (pengalaman, intelegen) untuk melihat organisasi secara
keseluruhan dan keterkaitan diantara bagian - bagiannya. Berarti kemapuan untuk
berfikir strategis (mengambil pandangan yang luas dan bersifat jangka panjang).
2. Keterampilan Manusiawi (Human Skill)
Keterampilan
Manusiawi adalah kemampuan bekerja secara baik dengan orang lain secara individual
atau dalam kelompok atau bisa juga disebut kemampuan manajer untuk bekerja
dengan dan melalui orang lain
3. Keterampilan Teknik (Technical Skill)
Keterampilan
Teknik adalah pengetahuan dan kemahiran dibidang spesialisasi tertentu atau
bisa juga disebut pemahaman dan kefasihan dalam melakukan tugas tertentu, mencakup
penguasaan metode, teknik dan peralatan yang digunakan.
Bagan Pembagian
Keahlian atau Keterampilan
Sesuai dengan
Tingkatan Manajer
konseptual
|
manusiawi
|
teknik
|
konseptual
|
manusiawi
|
teknik
|
konseptual
|
manusiawi
|
teknik
|
└>Lower manajer └>Midlle manajer └>Top manajer
(keterampilan teknik)
(keterampilan manusia)
(keterampilan konseptual)