PROSES MANAJEMEN

PROSES MANAJEMEN
Oleh Rio Rizky

Proses Manajemen yaitu serangkaian keputusan dan kegiatan kerja yang sedang terjadi yang dialami oleh para manajer sewaktu mereka merencanakan, mengorganisasi, memimpin dan mengendalikan.

Proses manajemen mengandung pengertian yang dinamis yaitu adanya kegiatan manajer dalam melaksanakan ( memproses ) fungsi-fungsi manajemen yang telah ditentukan. Kalau membicarakan " proses " maka dapat dikatakan bahwa :
Menajemen adalah meliputi : kegiatan - kegiatan Perencanaan ( Planning ), Pengorganisasian ( Organizing ), Pengarahan (Actuating / Leading ) dan Pengendalian ( Controling ), dari sebuah organisasi perusahaan untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. Jadi, seorang manajer mempunyai tugas utama, yaitu melaksanakan fungsi manajemen dalam bentuk kegiatan – kegiatan nyata.
Kalau ditelaah pengertian diatas maka para manajer tersebut adalah orang yang berwenang :
1.      Merencanakan untuk hal yang akan datanga
2.      Mengorganisir organisasi perusahaan termasuk karyawannya.
3.      Mengarahkan semua kegiatan – kegiatan orang – orang yang menjadi anggota organisasi perusahaan.
4.      Mengendalikan semua kegiatan yang menyangkut lingkup operasi perusahaan.

Dalam hal kegiatan – kegiatan perencanaan hingga aktivitas pengendalian terdapat tugas terpenting dari seorang manajer selaku pimpinan perusahaan sebagai “pengembilan keputusan”,sebab tidak ada suatu kegiatan pun yang dapat dilaksanakan tanpa adanya perencanaan dan pengendalian.
Seorang manajer adalah orang berwenang memimpin dan mengatur semua unsur yang terlibat dalam organisasi / perusahaan.

Adapun kegiatan didalam Proses Manajemen meliputi Input, Proses, Output sebagai berikut :
●lnput (sumber daya)
- Man, materials, money, machine, method, information
●Proses
- Perencanaan : menilik tujuan dan cara pencapaian
- Pengorganisasian : pemenuhan tanggung jawab untuk pencapain tujuan
- Kepemimpinan : menggunakan pengaruh untuk memotivasi bawahan
- Pengendalian : mengawasi kegiatan dan melaksanakan koreksi
●Output (kinerja)
- Mencapai tujuan, produk, jasa, efisiensi, efektivitas.

Kinerja
Kemampuan organisasi untuk mempertahankan tujuannya dengan menggunakan sumber daya secara efeKif dan efisien.
EfeKivitas →melakukan pekerjaan dengan benar
Sejauhmana organisasi mencapai tujuan yang telah ditentukan
Efisiensi→melakukan pekerjaan dengan benar atau sesuai standar
Jumlah sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan
Tags: , ,

Terimakasih Telah berkunjung

Untuk mengetahui info menarik dari sponsor silahkan klik gambar sponsor yang telah disediakan.