Ditulis Oleh: Rio Rizky
Definisi Manajemen Menurut Para Ahli Manajemen :
a. George Terry
Manajemen merupakan suatu proses yang terdiri dari kegiatan – kegiatan perencanaan, pengelompokan, pengorganisasiian, menggerakan, dan tindakan pengawasan yang dilaksanakan untuk mendeternimasi dan mencapai sasaran – sasaran yang ditetapkan sebelumnya dengan jalan memanfaatkan unsur manusia dan sumber daya lainnya.
b. Masshi dan Duoglass
Manajemen merupakan proses dengan apa suatu kelompok kooperatif (hubungan interaksi) mengarahkan tindakan kelompok lain menuju sasaran bersama yaitu mencari keuntungan.
c. Kreitner
Manajemen merupakan proses bekerja sama dengan melalui pihak lain, agar dapat mencapai sasaran keorganisasian secara efektif dengan memanfaatkan sumber daya langka dalam suatu lingkungan yang berubah.
d. Sisa
Manajemen merupakan koordinasi semua sumber daya, proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan, dalam rangka upaya mecapai sasaran – sasaran yang telah ditetapkan.
e. Contz dan O’ Downiel
Manajemen merupakan tindakan mengupayakan didalam kelompok pengorganisasian formal.
f. James A.F Stoner
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan (leading) dan pengendalian usaha – usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar dapat mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
g. Mary Parker Follet
Manajemen adalah suatu seni untuk mencapai tujuan yang dilakukan melalui orang lain. ( Management is the art of getting things done throught other people ).
h. Herbert G. Hick
Manaiemen adalah suata proses untuk mencapai tujuan yang dilakukan melalui atau dengan orang lain. (Management is the process of getting things done through or with other peoples ).
Manajemen
└>Merupakan Pencapaian tujuan organisasi dengan cara yang efektif melalui planning, organizing, leading (actuating), dan controlling sumber daya organisasi.
Dari beberapa definisi diatas, bahwa “proses” merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari pengertian manajeman. Proses merupakan cara yang sistematis dan dinamis untuk melakukan pekerjaan yang meliputi tanggung jawab :
o Merencanakan kegiatan dengan lebih dulu menetapkan output dari setiap kuantitas
dan kualitas dari kegiatan.
o Pengorganisasian kerja yaitu menetapkan cara yang tepat untuk melaksanakan setiap pekerjaan.
o Adanya kepemimpinan serta kemampuan mempengaruhi orang lain untuk menghasilkan perilaku kerja yang diperlukan dengan tujuan mencapai hasil yang telah ditetapkan.
o Mengendalikan kegiatan pekerjaaan dengan cara, pemilihan dan pelatihan individu yang menenuhi spesifikasi kerja, mengawasi pekerjaan nyata serta memelihara kuantitas dan kualitas output yang dihasilkan.
Jadi dalam suatu kegiatan kerja, manajemen mempunyai lingkup yang luas dan dapat didefinisikan secara universal, namun secara khusus manajemen tersebut dalam pandangan ahli manapun mempunyai arti dan tujuan yang sama yaitu bagimana bekerja dan memimpin orang – orang untuk mencapai tujuan.
Untuk bekerja dengan benar dan memimpin orang-orang dengan baik ( berhasil ), hakikatnya ditunjukkan deagan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan : Perencanaan, langkah - langkah yang akan ditempuh dalam mencapai tujuan yang ditetapkan, Pengorganisasian, sumber-sumber optimal yang akan dipergunakan sebagai alat dalam mencapai tujuan, Menyusun orang-orang sesuai dengan tingkat pekerjan yang diinginkan, Memimpin dan Mengarahkan orang -orang dalam bekerja menurut kaidah dan ketentuan yang ditentukan dalam bentuk yang paling menguntungkan serta mengadakan kegiatan, Pengendalian, untuk memastitan apakah hasil yang didapat sesuai dengan yang direncanakan.
Berdasarkan Definisi Tentang Manajemen Dapat Diambil Tiga Karakteristik
Persamaan, yaitu :
1. Manajemen merupakan proses aktivitas yang dilanjutkan dan berkaitan satu
sama lain.
2. Manajemen mencakup upaya dan pemusatan perhatian terhadap tindakan untuk mencapai tujuan – tujuan keorganisasian.
3. Tujuan – tujuan tersebut diraih dengan jalan bekerja sama dan melalui orang – orang dan sumber – sumber daya keorganisasian lainnya.
Sumber – sumber Daya yang dimanfaatkan Manajemen dalam Tiga Kategori :
1. Sumber daya manusia
2. Sumber daya fiskal
3. Sumber daya financial
PENGERTIAN MANAJEMEN
Posted by Sejuta Tutorial
on 11:56 PM
in
Ilmu pengetahuan dan Informasi,
MANAJEMEN,
PENGERTIAN MANAJEMEN
|
0
comments