FUNGSI MANAJEMEN

FUNGSI MANAJEMEN
 Oleh Rio Rizky

Menurut Stephen P Robbin (1993) fungsi manajemen antara lain meliputi aKifitas merencanakan (planning), mengorganisasikan (organizing), memimpin (leading) dan mengendalikan (controlling) akifitas bisnis dari suatu organisasi / perusahaan.
●Planning                    ●Organizing
●Leading                    ●Controlling

Fungsi Manajemen:
1. Perencanaan
    Menentukan tujuan-tujuan, menentukan tugas, menentukan sumber daya
2. Pengorganisasian
Menentukan dan mengelompokkan tugas-tugas, alokasi sumber daya, penentuan otoritas
3. Kepemimpinan
    Pengaruh →Motivasi
4. Pengendalian
    Mengawasi akiivitas, koreksi, mengawasi target dan tujuan

Fungsi Manajemen menurut Samuel C. Certo (dalam bukunya “modern management”)
Fungsi Manajemen menurut Griffin
Untuk mempermudah analisa, para ahli mengemukakn bahwa manajemen
terdiri dari beberapa fungsi yang fundamental. Fungsi - fungsi manajemen tersebut
antara lain sebagai berikut :

G.R Terry                              Louis A. Allen                        Jhon A. Pearce II
    1. Planning                              1. Leading                             1. Planning
    2. Organizing                          2. Planning                            2. Organizing                       
    3. Actuating                            3. Organizing                        3. Directing
    4.Controling                            4. Controling                         4. Controling


James A.F Stoner                  Jhon F. Mee                           Jhon D Millet
    1. Planning                              1. Planning                            1. Directing
    2. Organizing                          2. Organizing                       
    3. Leading                               3. Motivating                        2. Facilitating
    4.Controling                            4. Controling


Hendry Fayol                         Harold Koontz                       W.H Newman
    1. Planning                              1. Planning                            1. Planning
    2. Organizing                          2. Organizing                        2. Organizing           
    3. Leading                               3. Staffing                             3. Assembling
    4. Coordinating                       4. Directing                               Resouches
    5. Controling                           5. Controling                         4. Directing
                                                                                                  5. Controling
Beberapa pendapat diatas memberikan pandangan kepada kita bahwa, terdapat fungsi yang berbeda dari para ahli. Perbedaan pendapat ini karena :
1.      Adanya pencampuradukan antara fungsi, proses dan kegiatan pekerjaan.
2.      Deskripsi fungsi – fungsi sangat subjektif
3.      Tidak ada kesamaan terminology menyangkut konsep yang sama
4.      Kompleksnya kegiatan perusahaan maupun perkembangan dunia bisnis serta adanya organsasi yang berbeda – beda.
Walaupun adanya perbedaan namun dalam prakteknya pembegian fungsi – fungsi ini tidak dapat dibedakan secara tajam, karena manajemen itu sendiri merupakan cara yang sistematik untuk mengerjakan suatu pekerjaan atau tugas tertentu. Perusahaan yang berhasil baik tidak dapat dipisahkan dengan perusahaan yang mempunyai manajemen yang baik.
Para manajer melaksanakan fungsi – fungsi manajemen dalam tingkatan yang berbeda–  beda. Para manajer adalah mereka yang terpilih untuk mempersatukan uang (money), bahan baku (materials) dan peralatan (machinery) yang diperlukan untuk menyelenggarakan kegiatan operasi perusahaan. Mereka harus secara konseptual mendesain bagaimana :
1.      Merencanakan kegiatan dalam mencapai tujuan yang ditentukan
2.      Membentuk rencana pengorganisasian yang efektif menopang perencanaan yang ada
3.      Membuat rencana bagaimana untuk mengarahkan (memimpin) orang – orang yang terlibat dalam organisasi.
4.      Mendisain pengendaliaan yang efektif sehingga segala bentuk deviasi (penyimpangan) yang mungkin terjadi pada kegiatan operasi organisasi perusahaan dapat dikurangi
Secara mendasar setiap fungsi manajemen harus dilaksanakan / diproses oleh para manajer secara berurutan dan sistematik, sehingga proses manajemen dapat dilaksanakan secara baik.

Tags: ,

Terimakasih Telah berkunjung

Untuk mengetahui info menarik dari sponsor silahkan klik gambar sponsor yang telah disediakan.