Membuat risoles daging

Ada dua jenis risoles yaitu yang berisi sayur/daging tumis dan yang berisi ragout. Bentuk risoles yang isinya berupa sayur/daging tumis, mirip amplop pipih agak lebar. Sedangkan bentuk risoles yang berisi ragout ada dua macam.Yang bentuknya seperti risoles tadi atau dibentuk segitiga. 
Adonan isi:
2 sdm minyak untuk menumis
2 siung bawang putih, memarkan, cincang halus
5 butir bawang merah, memarkan, cincang halus
1 batang daun bawang, iris halus
200 g daging sapi cincang tanpa lemak
100 g wortel, iris dadu 1/2cm
100 g buncis, iris melintang tipis
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk

Adonan dadar:
300 g tepung terigu
1/4 sdt garam
2 butir telur ayam
350 ml air/susu minyak/margarin untuk mengoles wajan dadar

Adonan salut:
Putih telur untuk merekat risoles 200 g tepung panir baru yang berbutir halus
2 butir telur, kocok rata minyak untuk menggoreng

Saran saus:
Saus Kacang, Saus Lobak
Untuk 16- 18 buah

Adonan isi: 
Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Tambahkan daun bawang aduk aduk hingga layu. Masukkan daging cincang. aduk-aduk hingga daging berubah warna. Tambahkan wortel dan buncis, aduk rata. Masak hingga sayuran layu dan daging empuk. Masukkan garam, merica, dan pala. Aduk rata sekali lagi. Angkat, sisihkan.
Adonan dadar: Dalam wadah, taruh tepung terigu, garam, dan telur ayam. Aduk searah memakai sendok kayu sambil tuangi air/susu hingga menjadi adonan yang cukup kental untuk dituangkan. Diamkan selama 15-25 menit agar adonan menyatu.
Panaskan beberapa tetes minyak atau sedikit margarin di alas wajan dadar anti lengket (berlapis teflon). Tuangkan 25 ml (1 sendok sayur) adonan dadar ke alas wajan dadar, tipiskan dan ratakan adonan dengan menggoyang-goyangkan wajan dadar. Masak hingga matang dan bertekstur bagus. Lakukan demikian untuk sisa adonan.

Penyelesaian: 
 Ambil selembar kulit dadar, taruh 1 sdm adonan isi di tengahnya, lipat bentuk amplop pipih agak lebar. Rekatkan dengan putih telur. Lakukan demikian untuk sisa bahan.

Siapkan adonan salut:  
Tepung panir - telur - tepung panir di tiga wadah berbeda. Gulingkan risoles berturut-turut ke dalam tepung panir - telur - tepung panir hingga rata. Timang-timang risoles untuk membuang sisa tepung panir. Diamkan selama 5- 10 nenit agar adonan salut menempel sempurna.
Panaskan minyak yang banyak di atas api sedang, goreng risoles hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan, sajikan bersama Saus Kacang atau Saus Lobak.

Selamat mencoba.....
Klik disini untuk info buku yang terkait dengan artikel di atas

Tags: ,

Terimakasih Telah berkunjung

Untuk mengetahui info menarik dari sponsor silahkan klik gambar sponsor yang telah disediakan.