Cumi goreng

Pilih cumi-cumi segar yang masih baru, tandanya dagingnya kenyal jika ditekan, tidak berlendir dan beraroma segar. Agar cumi-cumi tidak liat, goreng dalam minyak banyak dan panas di atas api sedang 4 - 6 menit saja. Goreng cumi-cumi dekat waktu saji Jika suka bisa disajikan bersama french fries.

Bahan :
500 g cumi-cumi segar ukuran besar
1 sdm air jeruk nipis
100 ml susu
130 g tepung maizena
1 1/4 sdt garam halus
1 1/2 sdt merica bubuk
1 sdm gula pasir, haluskan
2 putih telur, kocok rata
minyak untuk menggoreng


Saran saus:
Saus Tartar , Saus Mayones Wasabi

Porsi : Untuk 4 - 5 orang
 
Cara membuat :
Buang kepala, kupas kulit ari, cuci bersih, tiriskan / lap hingga kering. iris cumi-cumi melintang 1 cm berbentuk cincin. Taruh cumi dalam wadah, tuangi air jeruk nipis dan susu. Aduk rata, simpan dalam lemari
pendingin selama 20 menit agar rasa susu meresap. Sisihkan.
Aduk rata tepung maizena, garam, merica bubuk, dan gula pasir, sisihkan. Tiriskan cumi, celupkan ke dalam putih telur kocok lalu gulingkan ke dalam campuran tepung maizena hingga rata. Timang-timang cumi cumi untuk membuang sisa tepung maizena.
Goreng cumi-cumi dalam minyak banyak yang panas di atas api sedang - cumi-cumi terendam minyak - sambil disiram-siram minyak selama 4 - 6 menit untuk setiap kali menggoneng hingga cumi-cumi matang dan berwarna kuning. Angkat, tiriskan, sajikan segera bersama Saus Tartar atau Saus Mayones Wasabi.

Selamat mencoba.....
Klik disini untuk info buku yang terkait dengan artikel di atas
Tags: , ,

Terimakasih Telah berkunjung

Untuk mengetahui info menarik dari sponsor silahkan klik gambar sponsor yang telah disediakan.