KOORDINASI DAN KONFLIK

Catatan Rio

Suatu organisasi bisnis diharapkan akan berjalan secara efektif organisasi yang tidak mampu untuk berkembang identik dengan ketidakmampuan manajer dalam membimbing laju organisasi dan kondisi seperti itu organisasi disebut berada dalam keadaan " Under Manage ". Tidak ada satu tujuan pun yeng dapat diharapkan tercapai dari organisasi seperti itu. Semua bagian yang merupakan tubuh organisasi tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya malah ada kecendrungan menghambat organisasi dalam mencapai target tujuan yang telah ditetapkan. Salah satu usaha manajemen adalah berusaha mengintegrasikan semua potensi dalam

organisasi agar dapat terintegrasi pada satu tujuan yang telah disepakati. Kegiatan-kegiatan dalam satuan yang terpisah baik secara individu, kelompok maupun bidang – bidang kerja harus dikoordinasi untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Pengertian Koordinasi

Menurut Duncan dalam bukunya "organizational behavior" .Koordinasi adalah pengarahan yang efektif terhadap tindakan – tindakan individu muapun kelompok untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan (coordituting is the direction of individual and group actions toward some desirable goal ).

Menunt James A.F. Stoner dalam bukunya “ Management “ Koordinasi adalah proses pengintegrasian tujuan-tujuan dan kegiatan-kegiatan pada satuan yang terpisah ( Department  /  bidang fungsional ) dan memimpin hubungan antar organisasi untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien.

Jadi, kegiatan seorang manajer dalam usaha koordinasi menyangkut dua sisi yaitu : memimpin hubungan baik antar kelompok dalam organisasi ( Managing intergroup  relations ) dan memimpin hubungan antar bagian yang sejajar dalam suatu organisasi ( Managing lateral relations in organizations )
Tags: , ,

Terimakasih Telah berkunjung

Untuk mengetahui info menarik dari sponsor silahkan klik gambar sponsor yang telah disediakan.