Mencegah dan mengobati flu

Flu atau sering disebut dengan influenza adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Myxovirus influenzae. masa inkubasi virus bervariasi, berlangsung antara 24 sampai 48 jam. Virus tersebut menyerang saluran pernafasan dan mengakibatkan terjadinya peradangan.

Ada tiga jenis Myxovirus influenzae yang dikenal, yaitu :
  • Tipe A, merupakan virus influenza yang paling banyak ditemui dan menyerang sepanjang tahun, dan mengakibatkan epidemi setiap 3 tahun sekali.
  • Tipe B, virus influenza yang menyerang setiap tahun, dan dapat mengakibatkan epidemi 4-6 tahun sekali.
  • Tipe C, merupakan virus influenza yang menyebabkan kasus yang sporadis.
Penyakit ini sangat mudah menular melalui saluran pernafasan, orang yang daya tahan tubuhnya lemah lebih berisiko terkena influenza, dan akan lebih parah pada mereka yang mempunyai penyakit kronis. Influenza bersifat epidemis, biasanya pada musim dingin/musim hujan.

Gejala yang biasa ditimbulkan dari penyakit ini adalah demam, nyeri kepala, nyeri otot, pilek, hidung tersumbat atau berair, batuk, dan kering di tenggorokan terkadang disertai diare.

Ada beberapa ramuan obat yang bisa digunakan untuk meredahkan penyakit ini yaitu :
  • 10 gr bawang putih + 10 gr jahe, diiris-iris atau dihaluskan, diseduh dengan 150 cc air mendidih, dan ditutup selama 10 menit, disaring, airnya diminum hangat-hangat. Lakukan 2-3 kali sehari.
  • 30 gr daun semanggi / calincing segar + 20 gr daun sembung segar, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, tambahkan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis, kemudian airnya diminum 2 kali sehari, setiap kali 150 cc.
  • 5 gram daun mentha/mint + 10 gram bunga krisan, direbus dengan 300 cc air hingga mendidih, disaring, airnya diminum hangat-hangat.
Dan sebagai pencegahannya :
1. Beristirahat atau tidur yang cukup kurang lebih 8 jam / hari dan mengurangi begadang.
2. Meningkatkan gizi makanan. Makanan dengan kalori dan protein tinggi akan menambah daya tahan tubuh.
3. Makan buah-buahan segar yang mengandung banyak vitamin.

Semoga bermanfaat.
Tags: , , , ,

Terimakasih Telah berkunjung

Untuk mengetahui info menarik dari sponsor silahkan klik gambar sponsor yang telah disediakan.