Tips pertolongan pertama pada luka bakar

Kecelakaan ini biasanya sering dialami oleh para ibu yang kesehariannya berhadapan dengan urusan masak memasak. Terkena tumpahan air panas atau pun terkena percikan minyak goreng panas barang kali sudah biasa terjadi.
Luka ini memang kelihatan sederhana, Namun bila diabaikan luka ini dapat berbekas pada kulit yang pastinya akan membuat anda jadi kurang percaya diri.
Oleh karena itu jangan pernah sepelehkan luka sekecil apapun itu. Ada beberapa cara untuk mengobatinya diantara lain :
  • Dengan menggunakan Susu. Susu merupakan cairan yang paling bagus untuk mengompress luka bakar kecil. Rendam daerah luka dengan susu selama 15 menit atau lebih. Bila anda kesulitan merendam, anda bisa menggunakan handuk yang telah dibasahi susu untuk menutup daerah yang terbakar. Lemak yang terdapat dalam susu akan menyejukan daerah yang terbakar dan mempercepat penyembuhan. Setelah 24 jam, basuhlah daerah yang terbakar dengan lembut menggunakan sabun dan air bersih. Usahakan daerah luka tetap kering dan tertutup setelah dibersihkan untuk mencegah infeksi.
  • Dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya akan mempercepat proses penyembuhan. Dua atau tiga hari setelah terluka, Anda dapat membubuhi daerah luka dengan cairan dari daun lidah buaya. Kesejukan dari cairan itu akan membantu meredakan nyeri. Gunakan empat sampai 5 kali sehari tanpa ditutup dengan perban.
  • Dengan menggunakan kentang. Irislah kentang lalu tutup daerah yang terbakar menggunakan irisan tersebut. Zat tepung pada kentang akan menetralisir luka bakar, Rasa nyeri dan mencegah pembentukan jaringan parut.
  • Dengan menggunakan minyak lavender. Minyak lavender akan meredakan rasa nyeri dan mempercepat penyembuhan serta mencegah jaringan parut. Pertama tama, Bersihkan daerah luka dengan air dan sabun. Campur minyak lavender dengan minyak zaitun dengan perbandingan 1 : 3. Selanjutnya tutuplah daerah luka dengan campuranitu.
Semua tips diatas hanya bisa berfungsi terhadap luka bakar ringan, dan belum terlalu parah. Bila luka bakar tersebut parah sebaiknya lungsung segera hubungi dokter, Dokter akan memberikan resep yang sesuai dengan keadaan luka tersebut.
Tags: , , ,

Terimakasih Telah berkunjung

Untuk mengetahui info menarik dari sponsor silahkan klik gambar sponsor yang telah disediakan.