tips mengatasi campak

sebelum kita mengatasi campak,terlebih dahulu kita ketahui apa itu campak?

Campak ( Rubeola, Measles, Morbili ) adalah infeksi virus akut yang sangat menular, ditandai dengan demam, lemas, batuk, peradangan selaput mata serta timbulnya bintik-bintik merah di kulit. Penyakit ini umumnya menyerang anak-anak.

Penyebab dari penyakit ini adalah Penyebabnya virus morbili (paramiksovirus). Virus ini terdapat dalam darah dan cairan nasofaring pada masa gejala awal (prodromal) hingga 24 jam setelah timbulnya bercak merah di kulit dan selaput lendir.

penyakit ini menular melalui droplet (menghirup percikan ludah) dan kontak dengan penderita morbili(orang yang mengalami penyakit campak).
nah,sekarang saatnya kita bahas bagaimana cara mengatasinya:
Jika terjangkit gangguan campak, maka segera periksakan ke dokter. Akan tetapi, sebelum sempat ke dokter, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Beberapa tindakan tersebut antara lain tinggal di rumah sampai penyakit tidak menular lagi, istirahat dan minum banyak cairan, minum obat anti demam, dan minum obat batuk. Bila menderita sakit telinga, keluar cairan dari telinga, demam terus-menerus, kejang-kejang atau mengantuk, maka segeralah ke dokter.

Sebaiknya penderita campak segera ditangani apabila telah timbul gejala-gejala seperti napas cepat yang tidak normal (terengah-engah), mudah mengantuk, sakit kepala, dan muntah. Menghadapi pasien seperti ini, biasanya Dokter akan melakukan pemeriksaandan memberikan resep anti biotik untuk otitis media aatu radang paru-paru. jika dokter mengira terdapat radang otak,maka dokter akan menyarankan anda menginap di Rumah sakit.

sebagian penderita akan sembuh total dari campak sekitar sepuluh hari sejak serangan gejala.satu kali serangan campak akan memberikan kekebalan sepanjang hidup pasien. Penyakit ini sebagian besar terjadi pada usia anak-anak, yaitu dari usia SD hingga masa pubertas. Biasanya, penyakit ini timbul karena kondisi tubuh yang kekurangan gizi. Meskipun sudah menginjak remaja ataupun dewasa, jika pada masa kecilnya belum pernah mengalami penyakit ini dan kondisi tubuh memungkinkan terserang campak, maka tidak menutup kemungkinan campak akan menyerangnya sewaktu-waktu. Campak juga dapat menyerang seseorang apabila di masa balitanya belum sempat mendapatkan imunisasi untuk daya ketahanan tubuh.


demikianlah sekilas tentang campak,semoga dapat bermanfaat.....

terima ksaih
Tags: , ,

Terimakasih Telah berkunjung

Untuk mengetahui info menarik dari sponsor silahkan klik gambar sponsor yang telah disediakan.