Tips mencegah Diabetes Mellitus

Penyakit Diabetes Mellitus (DM) yang juga dikenal sebagai penyakit kencing manis atau penyakit gula darah adalah golongan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah sebagai akibat adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. 

Gejalanya :
Biasanya akan terdapat gejala banyak buang air kecil, Terutama pada malam hari ,sehingga penderita akan berulang kali bangun sebelum pagi hanya untuk ke kamar kecil. Selain itu juga akan merasa cepat lapar. Merasa haus walau baru sebentar yang lalu baru saja minum .gejala lain yang sering juga dikeluhkan adalah sering kesemutan, gatal ,mata kabur sehingga  cepat ganti kacamata , disfungsi ereksi ,gatal-gatal pada vulva vagina. Banyak makan tapi badan menjadi kurus, orang gemuk dengan cepat menjadi kurus.

Cara mencegah Diabetes Mellitus :

1.  Kontrol kebiasaan makan.
2.  Kendalikan berat badan.
3.  Olahraga secara teratur.
4.  Kelola faktor risiko lain (hipertensi, kadar lemak darah, dIl).
5.  Bagi yang berisiko tinggi, periksakan glukosa darah setiap tahun.
6.  Bagi pasien Diabetes Mellitus, kendalikan kadar glukosa darah (dengan diet, olahraga dan obat sesuai petunjuk dokter) dan periksa secara berkala.
7.  Hindari rokok dan tembakau.
8.  Diet sehat dan seimbang.
9.  Perbanyak makan buah, sayur dan biji - bijian.
10.  Batasi lemak.
11.  Hindari alkohol.
12.  Tetap aktif dan pertahankan berat badan.
13.  Hindari paparan sinar matahari, terutama pada jam 10.00—15.00. Gunakan topi, payung, pakaian pelindung sinar matahari, atau sunscreen bila berada diluar ruangan.
14.  Waspada terhadap zat karsinogenik, misalnya gas, bahan kimia, dll.
15.  Lakukan skrining terhadap jenis kanker tertentu.
Tags: ,

Terimakasih Telah berkunjung

Untuk mengetahui info menarik dari sponsor silahkan klik gambar sponsor yang telah disediakan.