Ciri ciri makhluk hidup



Ciri ciri makhluk hidup adalah sebagai berikut:
1. Benafas
Bernafas adalah proses pengambilan oksigen dari udara bebas yang digunakan untuk pembakaran zat makanan yang disebut proses oksidasi. Hasil oksidasi adalah energi, sedangkan sisa oksidasi adalah karbon dioksida (C02) dan uap air (H20).
2. Bergerak
Dengan alat gerak yang dimiliki (tangan, kaki, sayap, sirip), manusia dan hewan dapat bergerak bebas berpindah tempat (Gerak aktif). Sementara tumbuhan bergerak saat tumbuh atau beraksi terhadap rangsang, dan tidak berpindah tempat ( Gerak pasif). Misal, gerak kuncup bunga yang mekar.
3, Memerlukan makanan atau nutrisi
Makanan diperlukan untuk menghasilkan energi. Manusia dan hewan mendapat makanan dari makhluk hidup lain, sehingga disebut makhluk hidup heterotrof. Tumbuhan disebut makhluk hidup Autotrof karena dapat membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis.

Reaksi Fotosinesis:
 
4.. Peka terhadap rangsangan (Iritabilitas)
Hewan dan manusia mempunyai indera. Melalui indera inilah hewan dan manusia menerima dan merespon rangsangan dari lingkungannya.
Tumbuhan tidak mempunyai indera, tetapi tumbuhan peka terhadap rangsangan tertentu. seperti air, sentuhan, dan cahaya matahari. Contoh:
tumbuhan tumbuh ke arah sumber cahaya, mengatupnya daun putri malu saat disentuh.
5. Adaptasi
Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan supaya dapat bertahan hidup. Contoh adaptasi pada hewan adalah bentuk paruh burung yang sesuai jenis makanannya. Contoh adaptasi pada tumbuhan adalah bentuk daun tumbuhan sesuai dengan lingkungan tumbuhnya.
6. Berkembang biak (Reproduksi)
Makhluk hidup memiliki kemampuan berkembang biak untuk melestarikan jenisnya. Ada dua cara perkembangbiakan makhluk hidup, yaitu secara seksual / generatif (Contoh: bertelur, melahirkan) dan secara aseksual / vegetatif (Contoh: membelah diri, bertunas).
7. Tumbuh dan berkembang
Pertumbuhan merupakan perubahan ukuran tubuh yang bersifat kuantitatif (tinggi, berat). Pertumbuhan bersifat ireversibel, artinya tidak dapat kembali ke bentuk semula. Berkembang merupakan proses menuju kedewasaan yang bersifat kualitatif, yang ditandai dengan mulai berfungsinya alat reproduksi.
8. Mengeluarkan zat sisa (Ekskresi)
Makhluk hidup harus mengeluarkan zat sisa agar tidak meracuni tubuhnya. Alat ekskresi pada manusia berupa paru-paru (mengeluarkan zat sisa karbondioksida dan uap air), kulit (mengeluarkan zat sisa keringat), ginjal (mengeluarkan zat sisa urin), anus (mengeluarkan zat sisa tinja, air, dan garam). Tumbuhan mengeluarkan zat sisa pernapasan melalui stomata dan lentisel.



Tags: ,

Terimakasih Telah berkunjung

Untuk mengetahui info menarik dari sponsor silahkan klik gambar sponsor yang telah disediakan.