Jenis-Jenis Manajer

Jenis-Jenis Manajer
Catatan Rio Rizky

Jenis-jenis Manajer, berdasarkan :
1. Perlcedaan vertikal atau hirarki
      a. Top Manager
Seorang manajer yang berada pada puncak hirarki dan bertanggung jawab atas keseluruhan organisasi. Contoh : Dirut, Presiden DireKur, CEO.

      b. Middle Manager
Manajer yang bekerja pada tingkat menengah organisasi dan bertanggung jawab atas unit usaha dan departemen utama,.
      Contoh : Direktur Produksi, Pemasaaran, Kepala Divisi.
      Project Manager
Manajer yang bertanggung jawab untuk pekerjaan sementan yang melibatkan partisipasi orang yang datang dari berbagai fungsi yang dan tingkatan organisasi
c. First Line Manager atau Lower Manager
Seorang manajer yang secara langsung bertanggung jawab atas produksi barang
      dan jasa. Contoh : Supervisor

2. Perbedaan Horizontal (luas ruang lingkup tugas)
      a. General Manager
Manajer yang bertanggung jawab terhadap beberapa departemen yang menjalankan fungsi yang berbeda atau manajer yang bertanggung jawab untuk divisi yang berdiri sendiri (mandiri).
      b. Functional Manager
Manajer yang bertanggung jawab atas departemen yang menjalankan tugas fungsional tunggal serta memiliki karyawan dengan pelatihan dan keahlian yang serupa. Contoh : Direktur Produksi, Pemasaaran, Kepala Divisi.

TINGKATAN MANAJEMEN
   
TOP MANAJER
     - Menyusun strategi
     - Membuat kebijakan
     - Menganalisa kejadian / peristiwa

MIDLLE MANAJER
     - Berinteraksi / bekerja sama
     - Menjadi penghubung a.n Top
 dan Lower

→LOWER MANAJER
    - Pekerja secera fisik / dilapangan
    - Menggunakan peralatan / mesin

Keahlian atau Keterampilan Manajer
Adapun keahlian atau keterampilan yang terdapat pada manajer sesuai dengan tingkatan – tingkatan yang telah dijelaskan diatas. Antara lain sebagai berikut:
1. Keterampilan Konseptual (Conceptual Skill )
Keterampilan Konseptual adalah kemampuan berfikir dan konseptualisasi tentang situasi yang abstrak dan rumit atau kemampuan kognitif (pengalaman, intelegen) untuk melihat organisasi secara keseluruhan dan keterkaitan diantara bagian - bagiannya. Berarti kemapuan untuk berfikir strategis (mengambil pandangan yang luas dan bersifat jangka panjang).
2. Keterampilan Manusiawi (Human Skill)
Keterampilan Manusiawi adalah kemampuan bekerja secara baik dengan orang lain secara individual atau dalam kelompok atau bisa juga disebut kemampuan manajer untuk bekerja dengan dan melalui orang lain
3. Keterampilan Teknik (Technical Skill)
Keterampilan Teknik adalah pengetahuan dan kemahiran dibidang spesialisasi tertentu atau bisa juga disebut pemahaman dan kefasihan dalam melakukan tugas tertentu, mencakup penguasaan metode, teknik dan peralatan yang digunakan.


Bagan Pembagian Keahlian atau Keterampilan
Sesuai dengan Tingkatan Manajer

konseptual
manusiawi
teknik
                                                                       
konseptual
manusiawi
teknik
konseptual
manusiawi
teknik
                                                                       

└>Lower manajer                └>Midlle manajer                      └>Top manajer
(keterampilan teknik)         (keterampilan manusia)           (keterampilan konseptual)
Tags: , ,

Terimakasih Telah berkunjung

Untuk mengetahui info menarik dari sponsor silahkan klik gambar sponsor yang telah disediakan.